1. PROFIL

Kilas Balik FLP Zona Ngaliyan

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang senantiasa melimpahkan anugrah-Nya kepada kita semua, memberikan kasih sayang-Nya kepada semua makhluk-Nya, tiada Ilah yang patut disembah dan disebut nama-Nya kecuali Allah SWT. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada suri tauladan terbaik, kekasih Allah SWT, Khatamul anbiya’ yang mencurahkan seluruh jiwa dan raganya untuk menyebarkan risalah Islam ke seluruh semesta alam, Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang senantiasa berpegang teguh kepada risalahnya hingga yaumil qiyamah.

Perjalanan untuk menyampaikan dakwah Islam bukanlah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang, hanya mereka orang-orang terbaik yang selalu menjaga diri dan hati mereka karena Allah SWT. Sebuah cita-cita dakwah untuk menjadikan sesuatu itu semakin lebih baik hanya ada satu cara yakni perjuangan, setelah pasrah ke hadirat Rabbul Izzati.

Karena itu perlu dibentuk wadah baru sebagai sarana dakwah Islam yang mampu menampilkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Islam telah berhasil ke seluruh penjuru alam tidak bisa dipungkiri sebagai hasil kerja ulama – ulama terdahulu yang berdakwah melalui goresan pena mereka. Melihat realita yang berkembang pesat ini perlu dibentuk Forum Lingkar Pena sebagai salah satu wahana dakwah bilqolam.

Forum Lingkar Pena (FLP) Zona Ngaliyan sebenarnya sudah menemukan cikal bakalnya sejak tahun 2004 ketika BASMALA berada di lingkungan Perum Bank Niaga Ngaliyan dengan didikan Ustz Kasmijan, dkk. Namun, sejak BASMALLA pindah ke daerah Gunung Pati, kegiatan diskusi agak terhenti. Walau demikian teman-teman berkumpul dalam wadah Forum Sastar (FORSAS).

Karena dirasa perlu ada kemandirian dan independensi maka pada bulan Juli 2008 FLP Zona Ngaliyan membentuk struktur kepengurusan secara resmi. Calon penulis muda yang ikut mendeklarasikan terbentuknya FLP Zona Ngaliyan antara lain:

  1. Nur Ariyanto                           Fakultas Dakwah IAIN Walisongo
  2. Eva Nuriatul Fajr                    Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  3. Titi Rokhmah                          Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  4. Roh Agung                             Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  5. Romiyati                                 Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  6. Nafi’ati                                                Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  7. Dewi Ramadah                       Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  8. Fajriyatul Mubarokah              Fakultas Syariah IAIN Walisongo
  9. Rizka Fauziyah                       Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  10. Arif Mahrus                            Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  11. Syah Azis Perangin Angin      Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo
  12. Ismaturrahman                        Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo
  13. Kandu Murtejo                       Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo

Pada periode awal ini FLP Zona dimotori oleh Akh Nur Ariyanto (Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Walisongo) dan dibantu oleh 12 orang personal lain yang terbentuk dalam 3 departemen yaitu departemen Human Resource Developmnet, departemen Supporting System, dan Departemen Communication dan Networking.

Awal TA 2008 – 2009 yaitu antara bulan Agustus – November 2009 dilakukan Openning Recruitment dan berhasil merekekrut 48 orang calon penulis muda yang berada di 3 (tiga) perguruan tinggi di sekitar Kecamatan Ngaliyan Semarang yaitu IAIN Walisongo, AIS Muhammadiyah, dan UNNES PGSD. Juga melakuan pengembangan jaringan dan kaderisasi untuk meningkatkan kualitas anggota FLP Zona sehingga bisa menjadi penulis – penulis muda Islam yang tangguh serta mampu bersaing di dunia kepenulisan.

Pada bulan Agustus 2009 kepngurusan di bawah koordinasi berkhir ditandai dengan Musyawarah Ranting I FLP Zona Ngaliyan yang dilaksankan pada tanggal 08 – 09 Agustus 2009 di gedung MWC NU Patebon Kendal. Walaupun hanya dihadiri oleh 19 orang, MUSRAN I FLP Zona berhasil merumuskan Garis–Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) dan Mekanisme Pelaksanaan Organisasi (MPO) sebagai acuan kerja. Dan mengamanahkan roda kepangurusan kepada Akhina Syah Azis Perangin Angin Sebagai Ketua FLP Zona Ngaliyan Periode 2009 – 2010. Estafet Perjungan FLP Zona Ngaliyan. Diharapkan mampu mencetak calon penulis – penulis muda muslim yang mampu bersaing di dunia kepenelusian sebagai bagian dari dakwah Islam dengan baik dan profesional. Amiin…………..

2 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum wr.wb. Alhamdulillah…kepada adik2ku,aku ikut bersyukur. Pada kalianlah diembankan amanah untuk meneruskan perjuangan dan cita2 islam yang rohmatan lil ‘alamin. Aku berdoa semoga kalian tabah,sabar dan ikhlas. Majulah adik2ku…… wassalam

  2. wlkm salam.. terimakasih atas masukannya kak.. semoga kita tetap istiqomah dan semangat dalam usaha dakwah bil qolam ini.. amiin..

Tinggalkan komentar